HAPPY FAMILY

HAPPY FAMILY

Senin, 26 Juli 2010

My Life, My Angel, My everything.. (part 1)

Pekanbaru, 08 Juli 2010

Saat itu hari Rabu tanggal 29 Oktober 2008, hari dimana saya berjanji pada dokter kandungan untuk kembali datang ke klinik beliau yg satu halaman dengan rumah beliau. Ini kedatangan karena perjanjian bukan schedule.
Teringat satu bulan sebelumnya, the last appointment, beliau bilang “prida, posisi bayi bagus, kepala ud di bawah, insyAllah bisa lahiran normal, perkiraan saya sekitar awal oktober, jd kamu tinggal nunggu mules aj tar lgsung kesini, tp kl belum mules jg kita batasi ya sampai tgl 29 Oktober, kl kamu ga ad kontraksi jg, terpaksa bayinya kita keluarin krn ud lewat bulan lahir”. “Iya dokter”, jawab saya (dalam hati mengucap rasa syukur Alhamdulillah karena dedek bayi posisinya bagus :D)

N this is it!
Pagi2 ud bilang sama mamak, ga usah deh ke dokternya, kan belum ad kontraksi (padahal ud 1 bulan ini tiap pagi jalan kaki ga pake sandal, ud 3 bulan ngerasa gampang bgt pipis krn kepala dedek bayi ud menekan kandung kemih ibu, ud berasa kepalanya makin hari makin turun, di tambah tetangga n sodara2 yang ngeliat ud yakin bgt bayinya ud mulai turun ke jalan lahir).
Tp mamak bilang “kan ud janji ma dokter” tar kl emang di suruh pulang, y ud kita pulang lg”.

Alhasil Pergi ke dokter di antar mamak, ayuk As, n kak Joan, dengan hanya membawa tas tangan, tanpa baju bersalin n baju bayi yg jg ud saya siapkan 1 bulan sebelum hari ini.
Yakin sekali saya kalo masih bakal bisa pulang..

Sampai di dokter, masih pagi n Alhamdulillah antrian hanya 1 orang, Bismillah, saya masuk ruangan.
Saya, “hari ini perjanjian kita dokter pas tanggal 29 Oktober 2008”
Dokter, “Oke, kita USG dulu ya”… “air ketuban ud keruh, saya harus bertindak, kasian bayinya karena ud lewat bulan”
Saya, “Astaghfirullahalazhim..”. “Tp dokter posisinya amankan?? Trus gimana dokter? Bayinya gpp kan skrg?”
Dokter, “Makanya harus kita keluarkan segera, karena kasian kl bayinya sempat meminum air ketuban yg ud keruh…”. “ Ada 2 pilihan; yang pertama normal dengan cara di induksi, tp ibu harus kuat, krn kl ga mampu menahan sakit terpaksa kita operasi. Yang kedua operasi directly, sebaiknya diskusi dengan suami dan keluarga dl?”
Saya, “duuhh.. kl besok bs ga dokter??” (berharap suami yg sedang mau dinas ke Lampung, sudah ada di Palembang besok, dan berharap besok ad kontraksi :D What!?@#%^&*#)
Dokter, “Ga bs menunggu bu, saya ga bs mengambil resiko, mari kita pikirkan bayi yg ad dalam kandungan”.
Akhirnya dengan pasrah diri n memohon izin pada suami via sms, mamak, dan sodara.. Bismillahirrohmanirrohim..
Saya, “saya masih mau normal dokter, gpp di induksi aj dl?”
Dokter, “kl gitu hari ini langsung ke ruang persalinan ya, tar ruangannya disiapkan oleh suster”.

Jadilah hari itu saya mulai di induksi dengan menggunakan infus..

Kak Joan pulang mengambil perlengkapan saya n bayi nanti..

Selama di infus…
Saya hanya mengingat Allah, mohon kemudahan dan di sela doa2 saya berharap suami bs lekas tiba di klinik, saya butuh kekuatan..
Subhanallah.. I have u Mom, ditengah ketegangan saya menunggu kontraksi itu, mamak sangat tegar, sangat santai, yakin sekali kl anaknya BISA! sungguh menguatkan.. I Luv u Mom..

Dari pagi mpe siang di ruang bersalin, huuffh.. sungguh membosankan..


Saya merengek ke perawat untuk diperbolehkan jalan2 di sekitar klinik, krn saya yakin dg berjalan proses kontraksi akan semakin cepat, Tp perawat ga mengizinkan saya krn mereka takut kl kontraksi datang saya g sanggup menahan sakitnya..

Hmm.. untungnya perawat mengerti jenuh saya dan memperbolehkan untuk pindah ke ruang opname dan tentunya setiap jam tensi saya dan detak jantung bayi selalu dipantau dan semuanya Alhamdulillah normal.
Sampai sore kontraksi yg pada awalnya membuat saya takut sampai saya sangat mengharapkan kedatangannya, belum datang2 jg..

Kondisi saya dan bayi sangat baik sampai infus induksi dilepas, walaupun bukaan cm mentok di bukaan 1, It’s okay.. yang penting kamu baik2 aj di sana ya sayang… (saya masih merasakan dia aktif bergerak).

Malamnya saya ditemani mamak dan yuk As. Solat dan doa bersama kami lakukan, mohon kemudahan dari Allah SWT.

Esok harinya Kamis 30 Oktober 2008, dari pagi kembali saya di infus induksi, ini infuse yg kedua.. Ya Allah semoga Engkau beri kemudahan untuk saya dan bayi saya..

Masih H2C (harap-harap cemas) kembali saya masuk ke ruang bersalin.. Alhamdulillah pagi itu suami tiba di klinik (jd lebih pede).

Sambil bercanda, kayaknya bayinya nungguin ayah datang :)
Ada mules2 sedikit seperti mau "maaf BAB", sempat 2-3 kali bolak balik kamar mandi..
Tensi saya dan detak jantung bayi selalu diperiksa tiap jam dan tentunya bukaan terakhir hanya di bukaan 2.
Dokter kembali menjenguk saya, menanyakan perkembangan saya dan bayi. Kemudian dokter memberi opsi lagi, kl sampai sore nti belum ad kontraksi, terpaksa di operasi atau kl masih berkeras untuk normal, dokter berinisiatif untuk memecah ketuban dengan cari di congkel, tp dengan kondisi tanpa kontraksi harus segera di operasi jg..

Hmm.. butuh pemikiran yang panjang..

Sebenarnya mamak sih ud meyakinkan kl g masalah di operasi, toh there’s nothing happen with my (almh) sister when she was born my nephew by operation, trus ibu mertua nyuruh nelp bude nganjuk yg expert bgt masalah persalinan (ya eyalah beliau kan bidan senior seantero Nganjuk n sekitarnya n also having her own klinik). Bude bilang gpp koq operasi, mba Epril (anaknya) jg sama koq operasi, lagian jgn selfish lah hanya berdasarkan keinginan hati untuk melahirkan normal kemudian harus memaksakan kehendak, kita jg harus inget kondisi bayi n harus menyelamatkan titipan Allah ini itu yang PENTING!

Bude bilang “Operasi sm normal kan hanya beda jalan keluarnya aj.. yang penting ibu n bayi sehat walafiat.”

Yup SETUJU Bude..

Faktanya kan saya ga manja memilih operasi krn takut sakit melalui melahirkan normal, tp memang keadaan yang mengkondisikan saya untuk harus operasi krn tidak ad kontraksi walau di induksi sekalipun..
Sorenya Induksi saya di cabut, dan saya wajib puasa untuk operasi esok hari..

Alhamdulillah mamak selalu ad bersama saya, suami saya jg sudah ada bersama saya, dan yg lebih menggembirakan lagi ibu mertua saya datang dari Jakarta malam itu..

Lengkap sudah nak.. kamu bs keluar besok pagi ya sayang.. :)

Dini hari, saya terbangun.. Suami, mamak, ibu sudah bangun ternyata, solat n mengaji, saya pun ikut sambil menunggu subuh.. kemudian saya dimandiin suami sambil di keramas biar fresh katanya..

Jam 6 Pagi teng, saya di bawa ke ruang operasi, perasaan tegang itu ud ga ada sama sekali, yg ada hanya rasa kangen pada bayi ini dan ingin sekali saya bertemu melihat wajahnya..

Suami, mamak dan ibu menunggu di luar, mereka hanya berpesan untuk selalu berdoa tak putus2..

Jam 6.15 persiapan selesai saya sudah dalam keadaan di bius separuh badan.

Operasi dimulai dalam keadaan sadar, tp wajah saya ditutupi, mungkin takut saya ga kuat liat darah kali ya..
 
Bersambung…

2 komentar:

  1. pengalaman ini sama dengan pengalamanku hanya saja bayiku tdk bisa diselamatkan karena terlalu lama di dalam perut sehingga keracunan ketuban....bayiku meninggal sangat sulit untuk menerima semua ini tapi ini takdir dari allah swt...dan mungkin ini yang terbaik untuk kami...semoga putriku yg cantik dapat menjemput kami kelak ke syurga amin

    BalasHapus
  2. Astaghfirullahalazhim..
    Amin ya Rabb.. Semoga putrinya di tempat terbaik bersama orang2 beriman..

    Jujur saya pun masih kurang paham ap yg terjadi dg kandungan saya waktu itu..

    Tapi percaya lah pak, Allah Maha Tahu yg terbaik untuk umatNya :)

    Semoga Allah memberi ganti yang jauh lebih sempurna.. Amin

    BalasHapus